Kamis, 24 Januari 2019

Pengertian dan Ciri Teks Tanggapan

Aqqae.com_ Teks Tanggapan Kritis adalah karangan berisi tanggapan kritis terhadap masalah. Tanggapan kritis merupakan tanggapan seseorang terhadap masalah berdasarkan cara berpikir kritis. Dalam mengemukakan tanggapan, seorang harus tajam menganalisis masalah. Selain itu, harus peka terhadap masalah yang ada. Tanggapan kritis tersebut dapat berupa kritik dukungan pernyataan setuju atau tidak setuju tentang baik buruknya suatu masalah disertai dengan alasan logis.

Cara berpikir kritis merupakan proses penilaian atau pengambilan keputusan dilakukan secara mandiri dengan memperhatikan keadaan di lingkungan sekitar. Berpikir kritis dapat muncul dalam proses penilaian, keputusan, atau penyelesaian masalah secara umum. Proses berpikir melalui usaha pemahaman, seperti membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan dapat dilakukan secara kritis. Berpikir kritis penting agar kita dapat menggunakan potensi pikiran secara optimal.

Pengertian dan Ciri Teks Tanggapan
kajiansiswa.blogspot.com

Pada umumnya tanggapan kritis biasa digunakan dalam perdebatan  atau diskusi tertentu yang di dalamnya terdapat perbedaan pendapat yang dikemukakan oleh anggota. Kita dapat menganalisis pendapat orang lain serta memberikan kritikan terhadap pendapat tersebut. Kita juga harus siap dapat mendapat kritikan dari anggota lain. Tanggapan kita bisa melemahkan atau menguatkan suatu penilaian dan pendapat yang terdapat dalam permasalahan yang kita tanggapi. Tanggapan tersebut perlu disertai fakta yang akurat agar dapat diterima orang lain.

Adapun ciri-ciri teks tanggapan adalah sebagai berikut.
  1. Berisi tanggapan mengenai suatu fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar berserta fakta dan alasan yang menguatkannya.
  2. Memiliki tiga struktur yaitu konteks, deksripsi, dan penilaian.
Demikianlah yang dapat admin bagikan. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu rekan guru dan juga peserta didik dalam mencari referensi materi Bahasa Indonesia kelas 9 semester 2 teks tanggapan. Terima kasih.

Pengertian dan Ciri Teks Tanggapan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jagoan Aqqae

1 komentar:

  1. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus