Jumat, 01 Desember 2017

Contoh Soal, dan Pembahasan UN/UNBK SMP Tahun 2018: Perbandingan Pola Pengembangan dan Penggunaan Bahasa dalam Cerpen dan Fabel

Aqqae.com_ Kali ini admin akan bagikan contoh soal tipe UN/UNBK dan pembahasan bagian 1. Semoga bisa membantu kalian dalam mencari referensi soal-soal ujian nasional terbaru 2018. Selamat belajar, semoga bermanfaat.

Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!
Kutipan Cerpen 1
"Sudah saya pikir masak-masak."
Saya terkejut.
"Pikirkan sekali lagi! Bapak kasih waktu satu bulan!"
Taksu menggeleng.
"Dikasih waktu satu tahun pun hasilnya sama, Pak. Saya ingin jadi guru."
"Tidak! Kamu pikir saja dulu satu bulan lagi!"
....
Bukan hanya satu bulan, tetapi dua bulan kemudian, kami berdua datang lagi mengunjungi Taksu di tempat kosnya. Sekali ini kami muncul tidak dengan tangan kosong. Istri saya membawa krupuk kulit ikan kegemaran Taksu. Saya sendiri membawa sebuah laptop baru yang paling canggih, sebagai kejutan.

Contoh Soal, dan Pembahasan UN/UNBK SMP Tahun 2018: Perbandingan Pola Pengembangan dan Penggunaan Bahasa dalam Cerpen dan Fabel
kajiansiswa.blogspot.com

Kutipan Cerpen 2
"Jadi, apa yang membawamu kemari?"
"Kenangan."
"Palsu! Kalau ini soal kenangan, tidak perlu menunggu sepuluh tahun setelah keluargamu kembali dan menetap 30 kilometer saja dari sini."
Saya tersenyum. Hanya sebentar kecanggungan di antara kami sebelum kata-kata obrolan meluncur seperti peluru-peluru yang berebutan keluar dari magazin.
Bertemu dengannya, mau tidak mau mengingatkan kembali pada pengalaman kami dahulu. Pengalaman yang menjadikan dia, walau tidak setiap waktu, selalu lekat di ingatan saya. Tentu dia mengingatnya pula, bahkan saya yakin rasa diidapnya lebih besar efeknya. Karena sebagai orang sahabat, dia jelas jauh lebih tulus daripada saya.
Malam itu saya berada di sini, memperhatikannya belajar. Teplok yang menjadi penerang ruangan diletakkan di atas meja, hampir mendekat sama sekali dengan wajahnya jika dia menunduk untuk menulis. Di atas amben, ayahnya santai merokok. Sesekali menyalakan pemantik jika bara rokok lintingannya soak bertemu potongan besar cengkeh atau kemenyan yang tidak lembut diirisnya. Ibunya, seorang perempuan yang banyak tertawa, berada di sudut sembari bekerja memilih sabut-sabut kelapa menjadi tambang.
....
Kami tertawa. Tertawa dan tertawa seakan-akan seluruh rentetan kejadian yang akhirnya menjadi pengingat abadi persahabatan kami itu bukanlah sebuah kejadian meloloskan diri dari maut karena waktu telah menghapus semua kengeriannya.

Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerpen tersebut adalah ....


 Kutipan Cerpen 1
 Kutipan Cerpen 2
 A.
 Menggunakan alur maju
 Menggunakan alur sorot balik
 B.
 Menggunakan alur sorot balik
 Menggunakan alur maju
 C.
 Menggunakan alur maju
 Menggunakan alur campuran
 D.
 Menggunakan alur sorot balik
 Menggunakan alur campuran

Kunci Jawaban: A
Pembahasan: Kutipan cerpen satu menceritakan peristiwa-peristiwa yang dikisahkan bersifat kronologis. Peristiwa pertama diikuti oleh peristiwa-peristiwa selanjutnya. Oleh karena itu, kutipan cerpen  tersebut menggunakan alur maju. Kutipan cerpen dua menggunakan alur sorot balik. Cerita tersebut diawalipertemuan antara tokoh saya dan sahabatnya. Kemudian, tokoh saya mengingat kembali pada masa lalu ketika ia berada di rumah sahabatnya pada malam hari dengan penerangan lampu teplok. Selanjutnya peristiwa kembali pada masa kini, percakapan antara tokoh saya dengan sahabatnya. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Contoh Soal, dan Pembahasan UN/UNBK SMP Tahun 2018: Perbandingan Pola Pengembangan dan Penggunaan Bahasa dalam Cerpen dan Fabel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jagoan Aqqae

0 komentar:

Posting Komentar